Monday 7 October 2013

Koki Cilik Hebat

MEMASAK. Hmm,, mungkin kata itu lekat dengan peran ibu atau wanita ya. Namun ternyata kegiatan ini juga digemari oleh anak-anak lho. Hal ini terbukti saat anak-anak di tempat saya mengajar (TK Gagas Ceria Bandung) diajak memasak sayur bayam dan jagung, mereka terlihat sangat antusias. Kegiatan memasak ini bertujuan untuk mengenalkan pada anak tentang cara menjaga tubuhnya agar tetap sehat, salah satunya dengan memakan sayuran.
Mengawali kegiatan, anak-anak dikenalkan dengan bahan-bahan untuk memasak, antara lain bayam, jagung, bawang merah, bawang putih, gula, garam dan air. Setelah itu anak-anak diajak langsung praktek memasak sayur.
Pertama, anak-anak diajak untuk memetik sayur bayam dan mempipil biji jagung yang telah direbus. Mengapa anak-anak yang memetik dan mempipilnya langsung? Hal ini memang sengaja dilakukan agar anak mendapatkan pengalaman langsung sekaligus melatih kemampuan motoric halus mereka terutama kekuatan dan kelanturan jari-jari.

Anak-anak memetik daun bayam
Anak-anak mempipil jagung 

Melanjutkan kegiatan, dibawah pengawasan guru anak diminta untuk memasukkan bayam dan jagung yang telah dipetik ke dalam air yang telah direbus. Anak-anak melakukannya secara bergiliran. Kemudian, guru menambahkan potongan bawang merah dan putih, garam dan gula.

Secara bergiliran anak-anak memasukkan jagung ke dalam air yang sudah direbus

Sambil menunggu masakan matang, anak-anak mereview cara memasak sayur bayam dan menggambarkannnya tahap demi tahap. Selain untuk melihat kemampuan anak menulis dan menggambar, hal ini juga dapat mengukur sejauh mana anak paham terhadap urutan proses memasak yang telah dijelaskan.  Setelah masakannya siap, anak-anak makan bersama. Sebagian besar anak menghabiskan sayur bayamnya lho.. Hebat! ^.^ 



No comments:

Post a Comment